<~Welcome~>
  • Dalam Gelap

    Tidak jarang, mereka yang menghabiskan waktu untuk memberikan cahaya bagi orang lain justru tetap berada dalam kegelapan.

    --Mother Teresa--

  • Pahlawan

    Dan seorang Pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi.

    --Soe Hok Gie--

  • Apa Gunanya?

    Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah.

    Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?

    --Emha Ainun Nadjib--

  • Pujian dan Hinaan

    "Aku puji dan hina diriku sendiri sebelum orang lain memuji dan menghina diriku,

    sehingga semoga baik pujian maupun hinaan mereka tak berpengaruh terhadapku.

    la yakhafu laumata laim wala yafrahu madhal madihin

    --Me--

  • Dunia | Akhirat

    Jika engkau melihat seseorang yang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka ungguli dia dalam perkara akhirat.

    --Hasan al Bashri --

Jumat, 25 Oktober 2013

25/10/2013

"Kamu tahu sal kenapa ada pekerjaan sebagai Akuntan?"
hmm.. untuk menuliskan apa yang terlupakan dan tidak tertulis pak?

Bukan, tetapi untuk membuat laporan yang bisa dipahami oleh orang lain,

semisal dalam satu perusahaan, perusahaan tersebut dipegang oleh 10 orang pemegang saham, saat Direktur A membuat laporan tahunan perusahaan, ke 10 orang tersebut akan mempunyai perspektif yang berbeda dalam membaca laporan tersebut.

Saat perusahaan berganti Direktur, misal Direktur B, ke 10 orang tersebut akan mempunya perspektif yang berbeda dalam membaca laporan yang dibuat Direktur B, tidak jauh berbeda saat Direktur A menjabat dan  membuat laporan, dan begitu seterusnya.

jadi ketika seorang AKUNTAN membuat laporan, tugasnya sebenarnya adalah membuat 10 orang pemegang tersebut memahami isi laporan yang dibuat akuntan tanpa ada perbedaan persepsi dari ke 10 orang tersebut. dalam catatan ke 10 orang pemegang saham tersebut mengerti ilmu akutansi. pasti tidak akan ada perbedaan pemahaman pada laporan tersebut.

begitu juga perbandingannya dengan software engineer, seorang designer; mungkin saja seorang analis mengerti proses dari hasil tugasnya dalam requirement tapi belum tentu punya skill untuk mendeskripsikan apa yang ia ketahui/pikirkan dalam bentuk use case. Sehingga orang lain (kamu contohnya) tidak memahami apa yang ia tulis.

jadi perumpamaannya, sama saja dengan orang memikirkan sesuatu tapi tidak bisa mengungkapkan apa yang ia pikirkan, pemikir yang tidak bisa bicara.

Nah, sebetulnya tugas akuntan tersebut dalam membuat laporan tingkat kesulitannya hanya 20%. 80% sisanya adalah memahami KASUS yang terjadi di lapangan. sama halnya dengan kamu, 20% tugas kamu bisa membuat modelling, tetapi 80% sisanya adalah mengerti dan memahami KASUS apa yang terjadi dan bagaimana cara kamu mengerti kasus tersebut (dalam hal ini membuat algoritma)..

saya berharap disini, semuanya mengerti modeling, sehingga saat programmer/desainer melihat apa yang dikerjakan analis (membaca use case, sequence, class diagram), tidak bingung, dan bisa saling mengkoreksi untuk melengkapi. jadi kalau kedua bagian tersebut mengerti, pekerjaan akan lebih efisien.

Oh ya sal, kamu kan punya blog, biasanya dalam menulis sesuatu kita akan tahu dimana kekurangan kita saat membaca ulang apa yang telah kita tulis, jadi kamu akan punya pertanyaan dan curious untuk mecari jawaban dari apa yang tidak kamu ketahui itu,,  dan tulisan kamu itu bisa membantu orang lain.

SHARING itu sifatnya mandatory(wajib) untuk menjadi seorang Expert, kalau orang tidak mempunyai kemampuan sharing, dia tidak akan mungkin menjadi seorang Expert.

you have long way to go sal..(yes, i know it sir "dalam hati" )

=======================================================
Kemarin, dan Hari ini.
Air mata mengalir dengan sendirinya saat berdo'a setelah ibadah magrib,
Bersyukur..dan akan terus bersyukur,


Disini jalanku masih panjang, tapi aku akan terus berjalan di jalan tersebut bagaimanapun bentuknya, sesuai janjiku pada Pak Ahmad, untuk menjadi seorang IT EXPERT.

Ya Allah, rendahkanlah hatiku seiring bertambahnya ilmu dan pengetahuanku.
Aamiin.
========================================================

0 komentar:

Posting Komentar

+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+
Pembaca yang baik selalu memberikan komentar atas informasi yang diterimanya,
baik berupa kritik, saran atau hanya sekedar komentar.

-----------------------------------------------------
Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini
~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~