<~Welcome~>
  • Dalam Gelap

    Tidak jarang, mereka yang menghabiskan waktu untuk memberikan cahaya bagi orang lain justru tetap berada dalam kegelapan.

    --Mother Teresa--

  • Pahlawan

    Dan seorang Pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi.

    --Soe Hok Gie--

  • Apa Gunanya?

    Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah.

    Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?

    --Emha Ainun Nadjib--

  • Pujian dan Hinaan

    "Aku puji dan hina diriku sendiri sebelum orang lain memuji dan menghina diriku,

    sehingga semoga baik pujian maupun hinaan mereka tak berpengaruh terhadapku.

    la yakhafu laumata laim wala yafrahu madhal madihin

    --Me--

  • Dunia | Akhirat

    Jika engkau melihat seseorang yang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka ungguli dia dalam perkara akhirat.

    --Hasan al Bashri --

Jumat, 04 November 2011

Serangan Win32/Olmarik.TDL4

benar benar Suram.. pagi ini saat sedang mengerjakan tugas bahasa Inggris tentang Order dan Reply for Order Letter, sambil mencari referensi di website.
Laptop terserang Trojan, Win32/Olmarik.TDL4,


awalnya sudah curiga, ada perasaan gak enak dan buka task manager, ada file aneh yang terlihat..
(tidak sempat di screenshot di task manager), sejenis .tmp (temporary file) dan ada file lain dengan nama *.exe .. yang diterima saat browsing, entah dari situs mana.. karena yang mencurigakan adalah adanya Java Control panel di taskpane, yang aku ingat semua situs yang dibuka adalah situs mahasiswa/i Gunadarma, terkait keyword di google, menuju ke tugas yang mereka upload ke blog/situs mereka.

Pada saat proses, Lagi memperhatikan isi Task Manager,  tiba-tiba task manager terclose sendiri, (ahh.. ini sudah pasti trojan), *dulu juga pernah kena dari File Instalasi PB (point blank), gejalanya sama, dan tiba-tiba, muncul alert, file-file di desktop hilang, sedikit demi sedikit yah, sempat panik, karena tiba tiba komputer terestart dengan sendirinya,, 

lalu setelah terestart, segala hal tentang sistem operasi dari my computer, control panel semuanya hilang, dan muncul alert yang menyatakan Harddrive, Harddisk, Ram, dan sistem lainnya rusak (corrupt), yah...

lalu tiba-tiba muncul System Restore (<< ini yang paling mencurigakan), setelah di scanning, My Computer, Registry, Ram, dan File lain, ada beberapa yang bisa dibetulkan, (entah benar atau tidak), dan ada beberapa yang gagal, mau tidak mau harus aktivasi secara penuh, (berbayar) seperti halnya antivirus trial harus di upgrade dengan mengeluarkan biaya untuk mengakses full service.. 

lalu coba restart komputer lagi, pada saat booting masuk ke Recovery (HIT F3), lalu memilih waktu untuk merecovery file, pada tanggal 1 November 2011, lalu masuk ke mode recovery.. dan menunggu sebentar sambil H2C (harap-harap cemas) 

lalu setelah file terecovery, Alhamdulillah ternyata data hanya dihidden oleh virus itu, 
dan mencoba membersihkan Virus tersebut, karena Virus tersebut menyerang File Sistem Operasi dengan menggunakan TDSSKiller, yang menscan rootkit Win32. dan terdeteksilah satu Rootkit yang terinfeksi dengan Trojan tersebut.

berikut ini link yang terkait :

http://forums.malwarebytes.org/index.php?showtopic=98850

setelah itu, karena semua file di seluruh partisi hardisk berubah atributnya menjadi hidden,  menggunakan smadav untuk meng"unhide" nya, tentu saja dengan cara scan terlebih dahulu seluruh partisi.


Partisi D (Lihat Hidden File)

Partisi E

Alhamdulillah, tidak ada lagi masalah,.. hanya tinggal mengunhide dan menscan keseluruhan partisi. dan ya, satu hal utama dalam menghadapi setiap situasi adalah..  TIDAK BOLEH PANIK!

0 komentar:

Posting Komentar

+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+
Pembaca yang baik selalu memberikan komentar atas informasi yang diterimanya,
baik berupa kritik, saran atau hanya sekedar komentar.

-----------------------------------------------------
Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini
~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~