<~Welcome~>
  • Dalam Gelap

    Tidak jarang, mereka yang menghabiskan waktu untuk memberikan cahaya bagi orang lain justru tetap berada dalam kegelapan.

    --Mother Teresa--

  • Pahlawan

    Dan seorang Pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi.

    --Soe Hok Gie--

  • Apa Gunanya?

    Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah.

    Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?

    --Emha Ainun Nadjib--

  • Pujian dan Hinaan

    "Aku puji dan hina diriku sendiri sebelum orang lain memuji dan menghina diriku,

    sehingga semoga baik pujian maupun hinaan mereka tak berpengaruh terhadapku.

    la yakhafu laumata laim wala yafrahu madhal madihin

    --Me--

  • Dunia | Akhirat

    Jika engkau melihat seseorang yang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka ungguli dia dalam perkara akhirat.

    --Hasan al Bashri --

Minggu, 10 April 2011

Ba Ji Quan

Kungfu 8 Mata Angin (Hakkyokuken),  nama aslinya adalah Ba Ji Quan (diucapkan Ba Ji Chuan). Nama Ba Ji mengambil dari kitab kuno I Ching yang artinya mengarah ke semua penjuru, mencakup semua hal, dan alam semesta. 

Disamping delapan mata angin, kungfu ini disebut juga delapan kepalan ekstrim. Di Jepang kungfu Ba Ji disebut dengan Hakkyokuken. Arti angka “delapan” adalah menggambarkan terjadinya suatu ledakan yang mengarah ke segala penjuru. Karakter kungfu ini memang tenaga yang luar biasa mirip ledakan dipadu hentakan kaki dan siku tangan sebagai senjata.

Selain itu makna angka 8 dalam kungfu Ba Ji juga berarti usaha untuk mengoptimalkan delapan anggota tubuh (kepala, bahu, siku, tangan, pantat, pinggul, lutut, kaki) sebagai senjata hingga batas maksimal. Karena itulah sebab lain mengapa diberikan nama kungfu Ba Ji adalah mengingatkan praktisinya agar senantiasa waspada.

Gambar : 

4 Arah utama  (Atas, Bawah, Kiri, Kanan ) dan 4 arah lainnya yang berada diantara mereka melambangkan Ledakan yang Sangat Kuat, Kungfu ini berdasarkan kepada Gerakan yang sangat cepat/tiba-tiba dan ledakan kekuatan untuk mengalahkan musuhnya, dapat direpresentasikan dengan 4 Kanji, yaitu Beng, Han, Tu dan Ji.

Beng : Serangan yang Menhancurkan Gunung
Han : Langkah/Gerakan yang Menggerakan Bumi
Tu dan Ji : Tiba-Tiba dan Serangan yang Mematikan.

Sejarah »
Kungfu Ba Ji berasal dari kota Dong Nan daerah Cang yang masuk dalam propinsi Hei Bei di Cina utara. Di masa lalu daerah Cang adalah wilayah yang miskin di Cina. Tanah yang kering dan tandus banyak ditemui hingga tidak begitu baik untuk bercocok tanam. Meski jumlah pendekarnya tidak sebanyak wilayah Cina lainnya, daerah ini disebut kampung halamannya kungfu Baji dan Pi Gua Quan yang dianggap pasangan kungfu Ba Ji. Di masa lalu orang asing yang melewati wilayah Cang, pasti akan menurunkan bendera, panji-panji atau simbol apapun untuk menghormati pendekar di kota itu. Ungkapan lama menyatakan,”jika kau datang ke Cang hanya untuk mencari pertikaian sedang semua laki-laki bekerja di ladang, maka wanita disana dengan senang hati akan melawanmu.”

Kungfu Ba Ji yang dianggap sebagai kungfu tangguh bukanlah isapan jempol belaka. Meski Cina kaya dengan bela diri, kungfu Ba Ji sangat berbeda karena disebut mempunyai karakter sebagai pemimpin. Di masa lalu banyak pejabat dan tokoh politik Cina yang mempekerjakan pendekar Ba Ji sebagai pengawal. Sejarah mencatat pendekar Ba Ji bernama Huo Dian Ge menjadi pengawal Kaisar Pu Yi sebagai Kaisar Cina yang terakhir. Ada pula Li Chen Wu yang menjadi pengawal Mao Zedong, dan Liu Yun Qiao yang menjadi pengawal untuk faksi nasionalis Cina yaitu Kuo Min Tang. Selain itu Liu Yun Qiao juga menjadi instruktur bela diri bagi Chiang Kai Shek, tokoh nasionalis Cina yang kemudian hijrah ke pulau Formosa (sekarang Taiwan).

Meski tidak diketahui pasti siapa orang yang menciptakan kungfu ini, ada banyak nama yang mempopulerkan kungfu Ba Ji. Menurut sejarah yang paling awal adalah Wu Zhong (disebut juga Tong Yin), seorang muslim dari desa Meng, kota Dong Nan wilayah Cang. Menurut legenda suatu malam Wu Zhong sedang berlatih teknik pedangnya, tiba-tiba seseorang yang berpenampilan mirip pendeta Tao melompat dari atap rumahnya. Saat ditanya pendeta itu menolak menyebutkan namanya. Namun sejak itu mereka bertukar pikiran dalam ilmu bela diri.


Landasan Dasar Aliran Kungfu Ba Ji Quan »
Sederhana dan mematikan, namun tetap elegan menjadi karakter kungfu Ba Ji. Teknik dilancarkan dalam arah yang linear namun solid ke arah tiga bagian vital manusia yaitu atas, tengah dan bawah (disebut San Pan Lian Ji). Dibanding kungfu lain, Ba Ji minim gerak tipu, sehingga serangan akan bersifat frontal. Selain itu serangan yang dilancarkan umumnya lebih efektif pada jarak dekat. Hal ini sebenarnya berhubungan dengan tujuan kungfu ini memang untuk pertarungan yang berusaha merobohkan lawan dengan cepat.

Kungfu Ba Ji terkenal karena gerakan menghentak tanah yang keras yang dipadukan dengan kekuatan bahu dan pinggul. Ketiga komponen ini adalah cara untuk menghasilkan tenaga atau disebut “jin”. Khusus untuk gerakan menghentak itu diperlukan latihan intensif dan kehati-hatian agar tidak menimbukan cedera. Setelah itu jika seseorang mampu menggunakan ketiga teknik itu dengan “qi” (baca: chi) maka tenaga peledak luar biasa yang disebut “fajin” akan mampu membuat kerusakan besar meski dengan serangan sederhana sekalipun. “Qi” atau yang dalam bahasa Jepang disebut “ki”, adalah tenaga internal yang dihasilkan tubuh dengan mengkoordinasikan pernapasan, konsentrasi dan semangat yang bertujuan menambah daya perusak suatu jurus.


Ba Ji Quan setelah 300 tahun »
Sebagai kungfu yang terus berkembang selama lebih dari 300 tahun lamanya, Ba Ji telah meraih reputasi tinggi di Cina. Saat ini selain di kota Cang sebagai asalnya, kungfu Ba Ji juga ada di sebelah timur laut Cina dengan mayoritas gaya dari Huo Dian Ge (juga murid Li Shu Wen), sebelah barat laut Cina yang berkembang gaya dari Mang Fe Tu, dan di Taiwan adalah Liu Yun Qiao. Setelah Cina membuka perdagangan untuk negara lain, kung fu Ba Ji mulai menyebar ke Jepang, Korea dan Amerika Serikat. Meski mempunyai banyak cabang, pada pokoknya perbedaan antar kung fu Ba Ji adalah pada metode latihannya.

Sebagai salah satu aliran kungfu lama, saat ini telah banyak kungfu lain yang mengadaptasi teknik Ba Ji yang cepat, frontal dan kuat. Ada pula yang mencampurnya dengan teknik Shao Lin hingga muncul aliran kungfu baru. Tentu saja makin memperkaya ragam bela diri Cina, namun kedahsyatan kungfu Ba Ji yang orisinil tetap melegenda.


Referensi :
indoshotokan.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+
Pembaca yang baik selalu memberikan komentar atas informasi yang diterimanya,
baik berupa kritik, saran atau hanya sekedar komentar.

-----------------------------------------------------
Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini
~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~