<~Welcome~>
  • Dalam Gelap

    Tidak jarang, mereka yang menghabiskan waktu untuk memberikan cahaya bagi orang lain justru tetap berada dalam kegelapan.

    --Mother Teresa--

  • Pahlawan

    Dan seorang Pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi.

    --Soe Hok Gie--

  • Apa Gunanya?

    Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah.

    Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?

    --Emha Ainun Nadjib--

  • Pujian dan Hinaan

    "Aku puji dan hina diriku sendiri sebelum orang lain memuji dan menghina diriku,

    sehingga semoga baik pujian maupun hinaan mereka tak berpengaruh terhadapku.

    la yakhafu laumata laim wala yafrahu madhal madihin

    --Me--

  • Dunia | Akhirat

    Jika engkau melihat seseorang yang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka ungguli dia dalam perkara akhirat.

    --Hasan al Bashri --

Jumat, 22 Oktober 2010

Arcana Mayor pada Tarot

Terkait :



Kartu Tarot : 
Kartu Tarot tersusun oleh 78 kartu yang terbagi dalam dua kelompok yaitu Major Arcana dan Minor Arcana. Tarot yang paling populer saat ini adalah Tarot versi Rider-Waite-Smith. 22 kartu yang tergolong dalam Arcana Mayor sering disebut sebagai kartu trump, yang berarti mereka memiliki keunggulan dibandingkan dengan kartu-kartu Arcana Minor.
Kartu Arcana mayor terdiri dari 22 kartu,

yang diberi nomor dari 0 sampai 21.

Kartu-kartu disusun dari ketidaktahuan hingga rasa tahu yang utuh.

Berikut susunan kartu-kartu Arcana Mayor:


0 - The Fool


Awal dari suatu fase, lompatan keyakinan, 
keterbukaan pada kehidupan

Fool atau orang bodoh diberi nomor 0 atau tidak diberi nomor melambangkan ketidaktahuan dan tidak sadar dengan dunia sekitarnya. Ini merupakan kartu yang melambangkan keluguan. Sedangkan world atau dunia diberi nomor 21 melambangkan pemahaman yang utuh.Setiap kartu hanya mewakili satu langkah dalam setiap perjalanan untuk memahami sesuatu.

tautan :
Sejarah perjalanan The Fool.


Fool adalah seorang pengembara yang berani. Dia sudah melaju sebelum melihat dan mengatakan apa yang dia pikirkan. Aspek positifnya berkaitan dengan keluguan, awal yang baru, kegembiraan, ketidaktakutan, dan spontanitas. Aspek negatifnya yaitu kurang berpikir, ketidakdewasaan, mudah terpengaruh kata hati, kurang bertanggungjawab dan sering melanggar hukum.


I - The Magician


Petunjuk, peluang baru, inisiatif, kreatif 

magician melambangkan seseorang yang memiliki ambisi dan kesempatan yang baru. Dia memiliki tekad yang luar biasa namun sering dikuasai oleh emosinya. Aspek positifnya terkait dengan kepercayaan diri, individualitas, tekad, awal yang baru, dan potensi diri. Aspek negatifnya terkait dengan penipuan, kecurangan, kurangnya perasaan kasihan, kebimbangan, penyalahgunaan kekuasaan.



II - The High Priestess


Pengetahuan esoterik, intuisi, kebijaksanaan, 
 Pengaruh tersembunyi

high priestess merupakan seorang penyimpan rahasia. Dia menyimpan sesuatu secara rahasia hingga tiba saat yang tepat untuk mengungkap rahasia tersebut. Aspek positifnya terkait dengan intuitif, rasa pengertian, kebijaksanaan, misteri, kemampuan psikis, dan feminin. Aspek negatifnya terkait dengan kurangnya rasa keibuan, kegelisahan, kerahasiaan, hambatan dan musuh tersembunyi.


III - The Empress


 Kelimpahan materi, fertilitas, reseptivitas

empress merupakan simbol cinta, kesuburan, dan keibuan. Dia melambangkan perasaan kasihan dan kesetiaan. Aspek positifnya terkait dengan kesuburan, kelahiran, keibuan, keharmonisan, alam, kemakmuran, kegembiraan, cinta, dan ambisi seni. Aspek negatifnya terkait dengan pergolakan rumah tangga, fitnah, terlalu protektif, kemiskinan, ketidaksuburan, kehamilan yang tidak diinginkan, dan penekanan secara logika.
 

IV - The Emperor


Ambisi, otoritas, keberhasilan duniawi, Kepemimpinan

emperor merupakan tanda dari suatu pencapaian dan penghormatan. Dia melambangkan rasa kebapakan dan kepemimpinan yang kuat. Aspek positifnya terkait dengan penguasaan, wewenang, perlindungan, dukungan, sifat dapat diandalkan, disiplin, pemberi nafkah, konsolidasi, mengutamakan akal, dan tekad. Aspek negatifnya terkait dengan kelemahan, ketidakdewasaan, ambisi yang gagal, dorongan status, kekejaman, dan sifat menguasai.


V - The Hierophan 


Tujuan spiritual, penemuan diri, kebijaksanaan terdalam, 
Peraturan Adat  

hierophant merupakan simbol dari hukum moral dan penghukuman. Dia juga merupakan penasehat dan pembimbing spiritual. Aspek positifnya terkait dengan saran, penasehat yang bijaksana, penghibur spiritual, pengetahuan, identifikasi, kesetiaan, kecocokan, dan tradisi. Aspek negatifnya terkait dengan keterangan yang salah, kurang setia, berliku-liku, saran yang buruk, rasa bingung, dan kepemimpinan yang kacau.


VI - The Lovers


Pilihan, pengorbanan, ujian hubungan, 
 Pilihan di antara dua percintaan 

lovers melambangkan nafas baru kehidupan. Mereka merupakan simbol cinta, kesetiaan, dan pertemanan spiritual. Aspek positifnya terkait dengan keinginan, pecinta baru, hubungan, ketertarikan secara fisik, cinta, seks, dan komitmen. Aspek negatifnya yaitu nafsu, penyimpangan moral, godaan, ketidaktegasan, perpisahan, kegagalan hubungan cinta, dan hilangnya kendali emosi.


VII - The Chariot


Konflik, perjuangan internal, potensi untuk penyelesaian
Kemenangan akal atas emosi 

chariot melambangkan konflik dan kemenangan. Dia juga melambangkan dorongan-dorongan asing yang menarik Anda dengan cepat. Aspek positifnya terkait dengan keberhasilan, pergerakan, perubahan, keyakinan diri, ketegasan, dan kabar baik. Aspek negatifnya yaitu kemarahan, kekejaman, ego yang terlalu melambung, keegoisan, kesombongan, penundaan, rasa frustrasi.



VIII - Justice


Keseimbangan, kebijaksanaan, kejujuran

kartu ini bermakna tentang keadilan, kejujuran dan keseimbangan. Kartu ini juga mempengaruhi hubungan dengan rekan kerja dan masalah-masalah legal. Secara positif terkait dengan keadilan, kebenaran, integritas, keseimbangan, pengambilan keputusan, tanggung jawab, dan kejujuran. Secara negatif, terkait dengan prasangka, ketidakadilan, penilaian yang buruk, bias, dan nasehat yang buruk.



IX - The Hermit


Kesabaran, kesendirian, refleksi,
Kebijaksanaan yang ditawarkan

hermit merupakan sosok penyendiri, seseorang yang mencari jawaban dari orang lain. Dia menggambarkan saat-saat sunyi dan damai. Secara positif, terkait dengan introspeksi, kesunyian, bimbingan, nasehat, dan kesabaran. Sedangkan aspek negatifnya terkait dengan sikap keras kepala, rasa curiga, ketakutan, ketidaksabaran, kebodohan, dan kesombongan.


X - Wheel of Fortune


Awal dan akhir, perubahan keadaan
Naik turunnya kehidupan, keberuntungan

Wheel of Fortune merupakan simbol dari nasib yang terus berputar menuju ke era yang baru. Dia mewakili pengacakan kehidupan dan apa yang akan datang kepada Anda. Aspek positifnya terkait dengan takdir, pergerakan, pandangan, keberhasilan, siklus yang baru, dan penyelarasan. Aspek negatifnya yaitu hambatan-hambatan, kesialan yang bersifat sementara, dan kejutan-kejutan yang tidak menyenangkan.


XI - Strength


Keberanian, kepercayaan diri, sumber daya terpendam
Kemenangan kasih atas kebencian  

kartu ini menunjukkan ketetapan hati yang Anda miliki. Dia melambangkan kekuatan emosi, fisik, dan spiritual yang berkaitan dengan suasana yang ada. Aspek positifnya berkaitan dengan kekuatan, tekad, rasa haru, kesabaran, dorongan, keberhasilan, dan ketabahan. Aspek negatifnya terkait dengan kompensasi yang berlebihan, rasa takut, kelambanan, kekalahan, hilangnya kesempatan, dan entropi.


XII - The Hanged Man

Pengorbanan, transisi, transformasi spiritual 
Penyerahan diri pada kebijaksanaan tinggi 

hanged man melambangkan pengorbanan diri dan pikiran yang tidak sadar. Dia merupakan simbol dari pengorbanan yang buta yang diperlukan pada situasi saat itu. Secara positif terkait dengan transisi, fleksibilitas, kelahiran kembali, dan pembebasan. Aspek negatifnya yaitu materialisme, ego yang melambung, kurangnya tekad yang kuat, gampang terpengaruh, dan kesyahidan.

XIII - Death


Akhir, Lahir Kembali, Pembaruan
Perubahan, 

kartu ini merupakan simbol dari pelepasan dan pemulaian. Dia melambangkan kemutlakan baik akhir maupun awal. Secara positif terkait dg akhir, transformasi, pembersihan, dan perubahan yang menjalar. Aspek negatifnya terkait dg stagnasi, hilangnya kesempatan, hilangnya pertemanan, dan perubahan rasa takut.

XIV - Temperance


Kesederhanaan, kompromi, sikap tidak berlebihan
Adaptasi, koordinasi.

ini merupakan kartu pengendalian diri dan penjauhan diri. Ini melambangkan kemampuan untuk menangani situasi dan emosi yang bergejolak. Aspek positifnya terkait dengan keharmonisan, kesehatan, sikap tidak berlebihan, kompromi, kedamaian, dan pengendalian diri. Aspek negatifnya terkait dengan ketidaksabaran, kurangnya pandangan masa depan, konflik, perselisihan, dan percekcokan dengan orang dalam.
XV - The Devil



Frustasi, penghalang, rintangan, 
budak setan, gangguan, diperbudak materi 

devil merupakan perwujudan dari naluri yang utama. Emosi yang kuat serta hawa nafsu melahap pikiran dan menyebabkan hilangnya kendali diri. Aspek positifnya terkait dengan keabadian dan komitmen. Aspek negatifnya terkait dengan nafsu, ketamakan, kebodohan, kemarahan, kekejaman, dan obsesi.

XVI - The Tower


pergolakan, perubahan ambisi pribadi, 
pembangunan baru,

tower menunjukkan runtuhnya stabilitas dan hancurnya segala sesuatu. Dia melambangkan perubahan, pergolakan, dan perubahan yang tidak diinginkan. Aspek positifnya terkait dengan penilaian kembali, perubahan yang penting, dan berkah yang tersirat. Aspek negatifnya terkait dengan perubahan mendadak, kehancuran, kekacauan, dan bencana.


XVII - The Star


Harapan, keberuntungan yang baik, 
kepercayaan pada masa depan yang lebih baik
Kesehatan, harapan, inspirasi

star merupakan sinar atau cahaya penuntun yang menembus kegelapan. Dia melambangkan keyakinan yang baru, harapan, dan keremajaan. Aspek positifnya terkait dengan harapan, kemurahan hati, ketentraman, harapan yang menjadi kenyataan, kesehatan yang baik, dan kesadaran spiritual. Aspek negatifnya terkait dengan keraguan pada diri sendiri, kurangnya kepercayaan, sinisme, dan sikap pesimis.


XVIII - The Moon


Ketidakpastian, fluktuasi, intuisi, ilusi
Penipuan, bahaya tak terduga

moon merupakan suatu kartu yang melambangkan emosi yang terpendam. Dia memberikan cahaya ke segala arah. Ini melambangkan perjalanan yang sulit dan tidak mulus. Aspek positifnya terkait dengan imajinasi, kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga, dan penerangan. Aspek negatifnya terkait dengan ketakutan, rasa bingung, beban emosi yang tinggi, kebohongan, dan penipuan.

XIX - The Sun



Energi, optimisme, kegembiraan, kepercayaan
Perolehan, kebebasan, pernikahan

sun menyinari segalanya, memberikan kehangatan, kehidupan, dan kegembiraan. Matahari merupakan cahaya di akhir kegelapan dan merupakan sumber yang diharapkan oleh semuanya. Aspek positifnya terkait dengan kegembiraan, kebesaran, penerangan, vitalitas, kesehatan yang baik, cinta, dan kelengkapan. Aspek negatifnya terkait dengan penilaian yang salah, penundaan, kegagalan, dan ego yang melambung.

XX - Judgment


Pahala, Penyelesaian, Kehidupan Baru, 
Kebangkitan Spiritual

judgement melambangkan saat-saat penghargaan. Ini merupakan kartu kebijaksanaan dan penerimaan. Kartu ini mewakili fase-fase baru dalam kehidupan dan hubungan-hubungan baru dengan diri. Aspek positifnya terkait dengan kelahiran kembali, kegembiraan, pengampunan dosa, potensi baru, dan penghargaan-penghargaan atas usaha terdahulu. Aspek negatifnya terkait dengan perasaan bersalah, rasa kehilangan, menyalahkan diri sendiri, penundaan, ketakutan, dan sikap keras kepala.

XXI - The World


Keberhasilan, prestasi, realisasi tujuan
Keberhasilan semua usaha

world merupakan sebuah akhir, datangnya segala keinginan yang Anda harapkan. Ini merupakan awal dan akhir mimpi, harapan, dan doa-doa. Aspek positifnya terkait dengan kelengkapan, kepuasan, penyelesaian, kegembiraan, keutuhan, dan keberhasilan. Sedangkan aspek negatifnya terkait dengan stagnasi, kurangnya kemauan, ketidaksabaran, dan penundaan.

Notes::
Wikipedia, dan berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+
Pembaca yang baik selalu memberikan komentar atas informasi yang diterimanya,
baik berupa kritik, saran atau hanya sekedar komentar.

-----------------------------------------------------
Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini
~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~