<~Welcome~>
  • Dalam Gelap

    Tidak jarang, mereka yang menghabiskan waktu untuk memberikan cahaya bagi orang lain justru tetap berada dalam kegelapan.

    --Mother Teresa--

  • Pahlawan

    Dan seorang Pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi.

    --Soe Hok Gie--

  • Apa Gunanya?

    Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah.

    Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?

    --Emha Ainun Nadjib--

  • Pujian dan Hinaan

    "Aku puji dan hina diriku sendiri sebelum orang lain memuji dan menghina diriku,

    sehingga semoga baik pujian maupun hinaan mereka tak berpengaruh terhadapku.

    la yakhafu laumata laim wala yafrahu madhal madihin

    --Me--

  • Dunia | Akhirat

    Jika engkau melihat seseorang yang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka ungguli dia dalam perkara akhirat.

    --Hasan al Bashri --

Sabtu, 07 Agustus 2010

Efek Musik Instrumental

Abstrak :
musik memiliki efek yang kuat pada perilaku manusia terbukti pada penelitian Dr Tobias Greitemeyer dari University of Sussex, musik memiliki pengaruh pada perilaku baik dan buruknya. Ternyata lagu-lagu dengan pesan positif akan mengembangkan rasa pendengarnya dan mendorong pendengar untuk bertingkah laku sesuai dengan lirik lagu yang didengarnya. Lalu kita bertanya, bagaimana dengan musik instrumental?

Musik Instrumental, kontras dengan lagu, adalah suatu komposisi atau rekaman musik tanpa lirik atau musik vokal dalam bentuk apapun; semua musik dihasilkan melalui alat musik. di zaman sekarang, Musik Instrumental sudah dikembangkan menjadi beberapa jenis, seperti electronica, jazz, dan lainnya.

Kenyataannya memang musik instrumental lebih sulit untuk dicerna karena memang menuturkan pesan dalam bentuk yang lebih mendasar, nada tanpa kata. Dan harus diakui bahwa nada tanpa kata bukanlah hal yang sederhana untuk dipahami. Pendengar harus meresapi nada-nada tersebut dan membiarkan imajinasi mendasar mereka untuk bermain. Maka dari itu cukup sulit untuk serta-merta mencerna pesan dalam musik instrumental, apalagi arti pesan itu positif ataupun negatif.

Kutipan dari : http://mikebm.wordpress.com/2010/01/05/musik-positif-untuk-orang-positif

nah, sebagai penulis, yang juga senang dengan lantunan musik instrumental, disini saya ingin berbagi kepada sahabat,

bahwa banyak efek positif yang bisa kita terima dengan mendengarkan musik instrumental, salah satu contohnya adalah "Mozzart Effect" :



hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik Mozart dapat menyebabkan suatu peningkatan jangka pendek terhadap kinerja beberapa jenis tugas mental yang dikenal sebagai " pemikiran spasial-temporal. "


mendengarkan Mozart membuat Anda" lebih cerdas, atau paparan musik klasik pada anak usia dini bayi atau balita memiliki efek menguntungkan pada perkembangan mental.

Konsep efek Mozart " digambarkan oleh peneliti Perancis, Dr Alfred A. Tomatis dalam bukunya 1991 buku Pourquoi Mozart?.  Dia menggunakan musik Mozart dalam usahanya untuk "melatih" telinga, dan percaya bahwa mendengarkan musik yang disajikan pada frekuensi yang berbeda membantu telinga, dan perkembangan mental kita.
http://en.wikipedia.org/wiki/Mozart_effect

untuk mencerna musik instrumental harus didasari dengan Positif Thinking, bahwa musik yang didengarkan bisa memberikan efek yang lebih baik untuk kehidupan, misalnya untuk daya kreatifitas, semangat belajar, membuat pikiran rilex dan meningkatkan kekuatan imajinasi.

bagi saya, musik instrumental lebih mengena di hati dan pikiran, terutama di alam bawah sadar, dibandingan musik-musik yang berlirik[lagu]

sebagaimana musik berlirik, jika memang pesan yang disampaikan dari lagu itu bagus, dan emosi yang disampaikan menggembirakan, otomatis kita sebagai pendengar ikut gembira

bagaimana jika kita sedang sedih, kita mendengar lagu sedihh,
makin tambah seneng sedih deh, hahaha,

jadi tunggu apalagi?

matikan suara-suara yang berisik itu.

cobalah luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan musik instrumental,

belajarlah memahami NADA tanpa KATA.

1 komentar:

  1. Wah, jadi begitu ya kk :24

    kalo instrumental, kan trance/beat termasuk kan?
    :16

    BalasHapus

+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+
Pembaca yang baik selalu memberikan komentar atas informasi yang diterimanya,
baik berupa kritik, saran atau hanya sekedar komentar.

-----------------------------------------------------
Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini
~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~