<~Welcome~>
  • Dalam Gelap

    Tidak jarang, mereka yang menghabiskan waktu untuk memberikan cahaya bagi orang lain justru tetap berada dalam kegelapan.

    --Mother Teresa--

  • Pahlawan

    Dan seorang Pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi.

    --Soe Hok Gie--

  • Apa Gunanya?

    Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah.

    Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?

    --Emha Ainun Nadjib--

  • Pujian dan Hinaan

    "Aku puji dan hina diriku sendiri sebelum orang lain memuji dan menghina diriku,

    sehingga semoga baik pujian maupun hinaan mereka tak berpengaruh terhadapku.

    la yakhafu laumata laim wala yafrahu madhal madihin

    --Me--

  • Dunia | Akhirat

    Jika engkau melihat seseorang yang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka ungguli dia dalam perkara akhirat.

    --Hasan al Bashri --

Sabtu, 10 Juli 2010

Abaddon [The Destroyer]

Abaddon (Ibrani) atau Apollyon (Yunani) adalah salah satu karakter yang tercantum dalam alkitab, tepatnya bagian Wahyu pasal 9. Dalam bagian tersebut dipaparkan bahwa Abaddon adalah raja dari malaikat jurang maut, yang turut serta dalam akhir masa untuk menghukum manusia-manusia yang berdosa. Namun seiring dengan perkembangan jaman, penjabaran mengenai Abaddon semakin berkembang dan muncul banyak versi penggambarannya.


ABADDON Dalam penjelasan Alkitab.
Dalam kitab Ibrani, Abaddon dipaparkan sebagai tempat kehancuran atau alam bagi orang-orang mati. Dalam Alkitab umat Kristiani, Abaddon adalah salah satu malaikat, bukan tempat. Abaddon digambarkan sebagai seorang raja malaikat jurang maut yang memimpin pasukan wabah belalang.

Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi, Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon............. Dan mereka diperkenankan bukan hanya untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia. – Wahyu 9: 3-5

Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia, dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti gigi singa, dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan. Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya. -Wahyu 9: 7-10


AMBIGUity / Keraguan Dalam Arti

Simbolisme Wahyu 9: 11 meninggalkan banyak perdebatan. Beberapa peneliti Alkitab percaya bahwa Abaddon adalah anti Kristus. Saksi Jehovah di masa lalu juga menganggap Abaddon sebagai Satan. Sedangkan Saksi Jehovah modern menganggap Abaddon adalah nama yang diberikan untuk Yesus. Beberapa teologis percaya bahwa Abaddon adalah salah satu malaikat, karena dipercaya untuk memegang kunci jurang maut. Abaddon juga diidentifikasi sebagai malaikat maut dan kehancuran. Kuasanya dalam alam kematian menyamakan kedudukannya dengan Samael, bahkan Satan. Dalam beberapa legenda, Abaddon diidentifikasi sebagai alam dimana para terhukum terjebak diantara api dan salju, salah satu bagian di neraka yang pernah dikunjungi oleh Musa. Di abad ke-3, Abaddon dijabarkan sebagai salah satu iblis. Dikatakan Abaddon adalah salah satu raja yang memerintah beberapa negara. Beberapa catatan seajarah menyebutkan Abaddon adalah penguasa Egypt dan Sodom, juga Yerusalem di masa akhir kekuasaannya. Di masa akhir jaman, ia diberikan kunci untuk membuka sebuah alam lain yang ditinggali oleh ilbis-iblis.
Di satu sisi Abaddon memegang titah untuk menghukum manusia, dimana dapat diartikan ia adalah kaki tangan Tuhan. Di sisi lain, karena memegang kunci alam berisi iblis, dapat diartikan pula Abaddon bisa juga menjadi rekanan iblis, karena ia dapat memerintahkan wabah monster belalang untuk menyiksa dan membunuh manusia.

ABATON

Selain Apollyon, nama yang sering dikaitkan dengan Abaddon adalah Abaton. Abaton, berasal dari bahasa Yunani, berarti jurang. Oleh karena itu Abaton sering disamakan dengan Abaddon dalam bahasa Ibrani, dalam artian neraka. Abaton, atau disebut juga ‘mungus’ atau rahim bumi, juga sebutan untuk tempat nyata. Sebuah ruang bawah tanah yang didirikan di kuil-kuil pagan. Ruangan tersebut didiami oleh para praktisi yang berkeinginan untuk bersemedi, dimana mereka berinkubasi selama beberapa malam, sampai dikunjungi oleh roh-roh alam lain untuk mendapatkan mimpi, petunjuk, atau ilmu-ilmu tertentu. Praktisi yang melakukan inkubasi lebih lama konon bertujuan untuk merasakan alam kematian, penguburan, sekaligus kelahiran kembali setelah mereka keluar dari ‘rahim bumi’.




Abaddon • In Warcraft DotA



Dalam Warcraft Frozen Throne, terutama dalam Dota, sebagai mantan paladin [Arthas Menthil],Abaddon diceritakan terjatuh dalam kegelapan di tengah invasi Burning Legion karena kutukan Pedang Frostmourne. Ia dirasuki banyak iblis yang mengacaukan jiwa dan kekuatannya. Sebagai seorang Death Knight di bawah pimpinan Lich King, Abaddon terus bertempur, untuk menghancurkan World Tree dan kebangkitan Lich King yang akan bergabung bersama dirinya.



lord of avernus Pictures, Images and PhotosLord of Avernus Pictures, Images and Photos






1 komentar:

+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+
Pembaca yang baik selalu memberikan komentar atas informasi yang diterimanya,
baik berupa kritik, saran atau hanya sekedar komentar.

-----------------------------------------------------
Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini
~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~