<~Welcome~>
  • Dalam Gelap

    Tidak jarang, mereka yang menghabiskan waktu untuk memberikan cahaya bagi orang lain justru tetap berada dalam kegelapan.

    --Mother Teresa--

  • Pahlawan

    Dan seorang Pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi.

    --Soe Hok Gie--

  • Apa Gunanya?

    Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah.

    Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?

    --Emha Ainun Nadjib--

  • Pujian dan Hinaan

    "Aku puji dan hina diriku sendiri sebelum orang lain memuji dan menghina diriku,

    sehingga semoga baik pujian maupun hinaan mereka tak berpengaruh terhadapku.

    la yakhafu laumata laim wala yafrahu madhal madihin

    --Me--

  • Dunia | Akhirat

    Jika engkau melihat seseorang yang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka ungguli dia dalam perkara akhirat.

    --Hasan al Bashri --

Minggu, 04 Oktober 2009

INTJ's Personality

INTJ :
Introverted / Introvert 
iNtuition / intuisi
Thinking / Pemikir
Judging / Penilai
NT (Intellectual) / Intelektual

Fungsi utama
  • Introvert-Intuisi :INTJs adalah orang-orang beride. Apa pun mungkin; semuanya dinegosiasikan. Apa pun keadaan di luar, INTJs yang pernah memahami pola-bentuk batin dan menggunakan bahan-bahan dunia nyata untuk mengoperasionalkan mereka. Orang lain mungkin melihat apa yang ada dan bertanya-tanya mengapa; INTJs melihat apa yang mungkin dan berkata "Kenapa tidak?!" Paradoks, antinomies, dan lain yang bertentangan dengan tepat mengekspresikan fenomena intuisi ' INTJ's merasa lucu pada mereka yang merasa dapat mengambil pandangan tertentu tentang realitas yang terlalu serius. INTJs menikmati dan mengembangkan solusi unik untuk masalah kompleks.

Fungsi sekunder
  • Extraverted-Berpikir : Berpikir dalam fungsi kedua ini adalah pekerja keras. Penutupannya berupa hadiah atas apa yang sudah dikeluarkan. Memohon evaluasi atas diagnosis suatu proses. Ketika mereka datang kepada cahaya, cenderung berpikir, melindungi, menegaskan dan mengarahkan intuisi keturunan, sepenuhnya memperlengkapi mereka untuk memenuhi kehidupan dan berguna. Seorang ahli pendidik yang setia, Berpikir dan berpendapat tidak begitu banyak atas nama sendiri, tetapi dalam pembelaan dari tuduhan. Dan melalui proses ini INTJ'S sangat menyukai apa yang guru mereka sukai.

Fungsi tersier
  • Introvert-Perasa : Merasa memiliki ruangan dalam yang sederhana, dua pintu dari intuisi Paling dekat. Tidak bisa keluar banyak, tapi meminjamkan pengaruhnya terhadap penyebab nama yang baik, layak dan manusiawi. Kita mungkin menangkap sekilas dalam sikap baik, yang tidak terucap  atau senyum ramah. Sebagian mempertanyakan keberadaan Perasa dalam jenis ini, namun yang tak terlihat adalah keseimbangan untuk Berpikir adalah kardinal dimensi dalam ukuran penuh jiwa INTJ.

Fungsi lain,
  • Extraverted-Firasat : Merasakan melayani dengan niat baik, atau tidak sama sekali. Sebagai fungsi inferior lainnya, ia hanya mempunyai kesadaran yang belum sempurna konteks, jumlah atau derajat. Jadi INTJs manis pada rincian , waktu, menghilangkan mereka. "Aku sudah memutuskan, jangan membuatku bingung dengan fakta-fakta" bisa juga dikatakan oleh seorang INTJ pada sebuah misi. Merasakan secara extraverted sikap yang jelas dalam jenis ini bertekad untuk menikmati sensasi daripada hanya mengkategorikan mereka. kegemaran mereka cenderung melakukan pengungkapan alam bawah sadar dan pembalasan secara inferior.

INTJs adalah mawas diri, analitis, ditujukan kepada orang dengan kemampuan kepemimpinan alami.

lebih memilih menjadi cadangan, mereka lebih suka untuk tinggal di latar belakang sewaktu memimpin.
Strategis, berilmu pengetahuan dan mudah beradaptasi.

INTJ berbakat dalam membawa ide-ide dari konsepsi dengan realitas.
 

Mereka mengharapkan kesempurnaan dari diri sendiri maupun orang lain dan merasa nyaman dengan kepemimpinan lain selama mereka kompeten.

INTJ dapat juga digambarkan sebagai tegas, berpikiran terbuka, percaya diri, penuh perhatian, teoritis dan pragmatis.

APA itu INTJ's ?
INTJs dikenal sebagai "Pembangun Sistem" dari jenis, mungkin sebagian karena mereka memiliki kombinasi sifat yang tidak biasa dari imajinasi dan keandalan. Sistem apapun yang terjadi , INTJ dapat bekerja, ini setara dengan menyebabkan moral ke INFJ; baik perfeksionisme dan mengabaikan otoritas seperti sedang bermain, INTJs tak tanggung-tanggung, baik diri mereka sendiri dan yang lainnya di proyek. Siapa pun yang dianggap sebagai "pemalas," termasuk atasan, INTJ's akan kehilangan rasa hormat  pada mereka - dan umumnya akan diberi tahu tentang hal ini; INTJs juga telah dikenal untuk mengambil itu atas diri mereka sendiri untuk melaksanakan keputusan-keputusan penting tanpa berkonsultasi dengan penyelia mereka atau rekan kerja. Di sisi lain, mereka cenderung teliti dan bahkan-menyerahkan tentang mengakui kontribusi individu yang telah pergi ke proyek, dan punya bakat untuk menangkap peluang yang orang lain mungkin tidak menyadarinya.

Dalam pengertian luas, INTJs "melakukan apa yang mereka "tahu". pilihan karir dalam bidang sains dan teknik, tetapi mereka dapat ditemukan di mana pun kombinasi kecerdasan dan ketajaman yang diperlukan (misalnya, hukum, beberapa wilayah akademis). INTJs dapat naik ke posisi manajemen ketika mereka bersedia untuk menginvestasikan waktu dalam memasarkan kemampuan serta meningkatkan mereka, dan (apakah demi ambisi atau keinginan untuk privasi) banyak juga akan berguna untuk belajar untuk mensimulasikan beberapa tingkat permukaan yang nyaman dalam rangka untuk menutupi ketidakembangan kreasi mereka


INTJs tahu apa yang mereka ketahui, dan masih lebih penting, mereka tahu apa yang mereka tidak tahu.

Hubungan pribadi, terutama yang romantis, bisa menjadi tumit Achilles INTJ itu. Sementara mereka mampu merawat sangat dalam bagi orang lain (biasanya beberapa orang terpilih), dan bersedia menghabiskan banyak waktu dan usaha pada suatu hubungan, pengetahuan dan kepercayaan diri yang membuat mereka begitu berhasil di daerah lain bisa tiba-tiba meninggalkan atau menyesatkan mereka dalam situasi antarpribadi.

INTJ memiliki aset terkuat di wilayah antarpribadi. kemampuan intuitif mereka dan kesediaan mereka untuk "bekerja pada" suatu hubungan. fungsi intuitif dapat sering bertindak sebagai pengganti yang baik oleh sintesis yang mungkin makna di balik hal-hal seperti nada suara, pergantian frase, dan ekspresi wajah. Kemampuan ini kemudian dapat diasah dan diarahkan oleh konsisten, upaya berulang-ulang untuk memahami dan mendukung mereka yang perduli, dan mereka melakukan hubungan yang akhirnya menjadi mapan dengan INTJ cenderung dicirikan oleh kesehatan, stabilitas, dan komunikasi yang baik.

INTJ dalam Hubungan

INTJs percaya pada pertumbuhan konstan dalam hubungan, dan berjuang untuk kemerdekaan bagi diri mereka dan pasangan mereka. Mereka selalu memulai "memperbaiki-up" proyek-proyek untuk meningkatkan kualitas keseluruhan kehidupan dan hubungan mereka. Mereka mengambil komitmen mereka secara serius, tetapi terbuka untuk mendefinisikan ulang janji mereka, jika mereka melihat sesuatu yang mungkin membuktikan menjadi perbaikan atas pemahaman yang ada. INTJs tidak mungkin menjadi "touchy-feely" dan terlalu menegaskan dengan pasangan mereka atau anak-anak, dan mungkin kadang-kadang agak tidak sensitif terhadap kebutuhan-kebutuhan emosional mereka. Namun, pada umumnya INTJs adalah INDIVIDU yang sangat mampu dan cerdas,  yang berusaha untuk selalu menjadi yang terbaik, dan akan bergerak ke arah yang positif. Jika mereka menerapkan tujuan dasar hubungan pribadi mereka, mereka akan bahagia dan sehat menikmati interaksi dengan keluarga dan teman-teman mereka.


KELEBIHAN INTJ's
  • Tidak terancam oleh konflik atau kritik
  • percaya diri
  • Ambil hubungan dan komitmen mereka sungguh-sungguh
  • Umumnya sangat cerdas dan mampu
  • Mampu meninggalkan hubungan yang harus berakhir, meskipun mereka memikirkan hal itu dalam pikiran mereka untuk sementara setelah itu
  • Tertarik pada "mengoptimalkan" hubungan mereka
  • Pendengar yang baik
KELEMAHAN INTJ's
  • Tidak secara alami selaras dengan orang lain perasaan; mungkin akan sensitif pada saat tertentu
  • Mungkin cenderung untuk merespon konflik dengan logika dan alasan, bukan dukungan emosional yang dikehendaki *sori sori aja kalau gw gak paham apa yang lo mau, karena gw melihat realita dan apa yang terjadi, bukan melihat seperti apa ego yang ingin lo penuhi.
  • Tidak secara alamiah baik dalam mengekspresikan perasaan dan kasih sayang

INTJ sebagai Pecinta

"Untuk cinta berarti membuka diri pada hasil negatif maupun positif - untuk duka, kesedihan, dan kekecewaan serta kegembiraan, kepuasan, dan intensitas kesadaran kita yang kita tidak tahu mungkin telah terjadi sebelumnya."

kehidupan INTJs, berada di dalam kepala mereka sendiri. Mereka terus-menerus memindai lingkungan mereka untuk ide-ide baru dan teori-teori yang mereka dapat berubah menjadi rencana dan struktur. Kadang-kadang, apa yang mereka lihat dan memahami secara intuitif dalam diri mereka sendiri lebih murni dan "sempurna" daripada realitas hubungan pribadi yang dekat. INTJs mungkin memiliki masalah mendamaikan realitas mereka dengan fantasi mereka.

INTJs tidak alami selaras dengan perasaan mereka sendiri, atau dengan apa yang orang lain rasakan. Mereka juga memiliki kecenderungan untuk percaya bahwa mereka selalu benar. Sementara rasa percaya diri dan harga diri mereka adalah menarik, kurangnya kepekaan terhadap orang lain dapat menjadi masalah jika hal itu menyebabkan mereka secara tidak sengaja menyakiti perasaan pasangan mereka. Jika ini merupakan masalah bagi seorang INTJ, mereka harus ingat untuk kadang-kadang membiarkan pasangan mereka menjadi orang yang benar, dan mencoba untuk menyadari efek emosional atas kata-kata Anda kepada mereka. Dalam situasi konflik, INTJs perlu mengingat untuk mendukung pasangan mereka kebutuhan-kebutuhan emosional, daripada memperlakukan konflik seolah-olah itu adalah ide yang menarik untuk dianalisis.

Seksual, yang menikmati INTJ berpikir tentang keintiman, dan tentang cara-cara untuk menyempurnakannya. Dalam hubungan positif, kreativitas dan intensitas mereka bersinar di arena ini. Dalam hubungan yang lebih negatif, mereka mungkin akan menikmati berpikir tentang seks lebih daripada yang benar-benar melakukannya. Mereka cenderung untuk mendekati keintiman dari teoritis, perspektif kreatif, ketimbang sebagai sebuah kesempatan untuk mengekspresikan cinta dan kasih sayang. Meskipun, para INTJ yang telah belajar pentingnya jenis-jenis ekspresi untuk kesehatan hubungan mereka cenderung lebih verbal kasih sayang.

INTJs dapat meninggalkan hubungan ketika mereka selesai, dan melanjutkan kehidupan mereka. Mereka percaya bahwa ini adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Mereka mungkin memiliki lebih banyak kesulitan menyelesaikan tugas dari apa yang ingin ditunjukkan kepada orang lain.

INTJs sangat kuat, cerdas orang-orang yang membawa banyak kedalaman dan wawasan ke dalam wilayah paling utama dalam kehidupan mereka. Dalam hal hubungan, perangkap potensi terbesar mereka adalah kecenderungan untuk berpikir tentang hal ketimbang melakukannya, dan mereka kesulitan mendamaikan realitas dengan visi batin mereka. INTJs cenderung positif, hubungan yang sehat, karena mereka cenderung meninggalkan hubungan yang tidak bekerja untuk mereka (kecuali jika keadaan lain melarang itu).

jika dikembangkan dengan baik individu-individu dari jenis apa pun dapat menikmati hubungan yang sehat, para mitra alami INTJ :

ENFP [Extraverted iNtuitive Feeling Perceiving]
hubungannya bisa dibilang Pembimbing yang setia


    ENTP [Extraverted iNtuitive Thinking Perceiving]
    hubungannya bisa dibilang Serasi/Cocok
    karena Pemikir. tapi sosok ENTP adalah pemikir yang menerima, bukan berpikir untuk ego.


    INTJ fungsi dominan Introver terbaik dalam hal Intuisi adalah cocok dengan pasangan yang kepribadian yang didominasi oleh Extraverted Intuisi.
    *pantesan aja... dia gak terlalu bagus dalam hal intuisi , terlihat dalam hal kurang peduli sama sekitarnya...

    INTJs sebagai Orangtua
    "Kau adalah busur dimana anak-anakmu sebagai panah yang hidup ...
    Biarkan membungkuk di tangan pemanah bagi kegembiraan;
    Sebab, sebagaimana Dia mengasihi anak panah yang terbang,
    demikian juga Dia mengasihi busur yang stabil. "- Kahlil Gibran

    Sebagai orang tua, tujuan utama INTJ adalah untuk membesarkan anak-anak mereka untuk menjadi cerdas, mandiri dan independen. Mereka ingin anak-anak mereka untuk berpikir sendiri dan membuat keputusan sendiri, dan demikian juga cenderung memberi mereka ruang untuk tumbuh, dan untuk menantang keputusan dan pikiran mereka pada poin penting dalam hidup mereka.

    Yang tidak alami INTJ cenderung menjadi terlalu mendukung atau mencintai figur orangtua. Karena kebutuhan mereka sendiri ekspresi cinta dan afirmasi relatif rendah, mereka mungkin kesulitan melihat bahwa kebutuhan anak-anak mereka yang memiliki sifat Perasa. Jika mereka melihat sensitivitas ini, mereka mungkin tidak mengenali atau nilai pentingnya hal itu. Dalam situasi seperti itu, akan ada jarak antara INTJ dan anak. Ini adalah bidang masalah bagi INTJ, yang harus secara sadar ingat untuk waspada terhadap orang lain kebutuhan emosional.

    INTJs sebagai TEMAN

    INTJs biasanya sulit untuk dikenal dengan baik, dan sulit untuk didekati. Mereka yang dekat dengan INTJ akan sangat menghargai mereka untuk ide-ide dan pengetahuan mereka. Meskipun umumnya INTJs orang yang sangat serius , mereka juga telah dikenal untuk menikmati dan bersenang-senang, jika orang lain menarik mereka ke dalamnya. Mereka juga dapat benar-benar baik menceritakan lelucon, dan menunjukkan kecerdasan yang sarkastik dengan wajah poker.

    Yang INTJ tidak cenderung adalah memilih untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mereka rasa tidak memiliki apa-apa untuk membuat INTJ tertarik. Mereka terutama ingin menghabiskan waktu bersama Intuitif Pemikir lain, dan juga biasanya perusahaan menikmati Intuitif antena. Tipe kepribadian ini suka berteori dan berspekulasi tentang ide-ide, dan biasanya yang dapat berhubungan baik dengan INTJ, adalah mereka yang suka menganalisis ide-ide.

    Banyak INTJs percaya bahwa mereka selalu benar. Dalam beberapa INTJs, kepercayaan ini cukup jelas, sementara di lain itu lebih halus. Beberapa orang mungkin memiliki waktu yang sulit menerima apa yang mereka lihat sebagai sebuah "sikap superior" atau "kesombongan". Tidak berarti bahwa INTJs yang sombong, hanya bahwa beberapa orang dengan preferensi Merasa kuat mungkin menganggap mereka seperti itu. Dan beberapa orang saja tidak tertarik pada kegiatan teoritis yang dinikmati INTJ.

    Pendapat Para Ahli tentang INTJ'spara Ahli
    "... pendekatan akan kenyataan (realita) :

    beranggapan mereka seakan berada di papan catur raksasa, selalu mencari strategi yang memiliki hasil yang tinggi, dan selalu merancang rencana kontingensi jika terjadi kesalahan atau kesulitan."
    - The Portrait of the Mastermind Rational (iNTj) (Keirsey)

    "... pengamat, menghargai kesendirian, perfeksionis, obyektif, pribadi ...
    tidak berbicara tentang perasaan , sulit untuk terkesan, analitis, menyukai hal-hal esoteris ..."
    - Jung Type Descriptions (INTJ) (similarminds.com)

    "Untuk orang luar, INTJs mungkin hadir untuk memproyeksikan aura" kepastian ",
    yaitu rasa percaya diri. Kepercayaan diri ini, terkadang keliru untuk kesombongan sederhana karena kurang tegas, khususnya untuk hal yang sangat spesifik dan bukan bersifat umum

    sumbernya terletak pada pengetahuan khusus sistem yang paling INTJs mulai bangkit pada usia dini.


    Ketika datang ke daerah keahlian mereka sendiri -
    mereka akan dapat segera memberi tahu Anda , apakah mereka dapat membantu Anda ,
    dan jika demikian, mereka akan memberitahukan bagaimana caranya. "

    - INTJ Profile (TypeLogic)

    "Di tempat kerja, INTJs menggunakan kekuatan konseptual untuk menganalisis situasi dan kemudian mengembangkan model untuk memahami dan mengantisipasi secara terus-menerus untuk mencapai tujuan mereka. Mereka akan terus melanjutkan rencana mereka, bahkan dalam menghadapi kesulitan dan Jenis data yang lebih praktis dan menyarankan kepada lain bahwa tujuan mereka tidak layak lagi. Secara alami, individualis INTJs adalah seorang independent. "
    - INTJ - The Free-Thinker (Lifexplore)

    "INTJs adalah pemimpin alami, meskipun mereka biasanya memilih untuk tetap di latar belakang sampai mereka melihat kebutuhan nyata untuk mengambil alih memimpin. Ketika mereka dalam peran kepemimpinan, mereka cukup efektif, karena mereka dapat secara objektif melihat kenyataan dari sebuah situasi, dan cukup beradaptasi untuk mengubah hal-hal yang tidak bekerja dengan baik. Mereka adalah ahli strategi tertinggi - selalu memeriksa dgn teliti dan menyediakan ide-ide dan konsep-konsep dan Sangat berat mereka melawan strategi mereka saat ini, untuk merencanakan/memikirkan setiap kontingensi. "

    Karir INTJ

    INTJs sering senang dengan pekerjaan berikut yang cenderung cocok dan baik dengan Strategist / Intelektual kepribadiannya.

    * Business Administrator
    * Computer Programmer
    * Computer Specialist
    * Corporate Strategist
    * Dentist
    * Engineer

    * Hakim
    * Pengacara / Jaksa
    * Manajer
    * Medical Doctor
    * Militer Officer
    * Pendiri Organisasi

    * Photographer
    * Psikolog
    * Peneliti
    * Ilmuwan
    * Systems Analyst
    * Teacher / Professor
    INTJs Terkenal
    Real INTJ




    Fiksi INTJ





    0 komentar:

    Posting Komentar

    +~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+
    Pembaca yang baik selalu memberikan komentar atas informasi yang diterimanya,
    baik berupa kritik, saran atau hanya sekedar komentar.

    -----------------------------------------------------
    Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini
    ~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~